fasha ungu band

Minggu, 03 Mei 2009

sejarah tenis

Australia Terbuka

Australia Terbuka (Australian Open) adalah salah satu dari empat kejuaraan Grand Slam dalam dunia tenis. Kejuaraan ini diadakan di Melbourne, Australia pada bulan Januari setiap tahunnya. Dimulai sejak tahun 1905, Australia Terbuka adalah kejuaraan yang termuda dibandingkan dengan kejuaraan Grand Slam lainnya. Awalnya bernama Australian championships, namanya berganti seperti sekarang ini sejak tahun 1968 saat era kejuaraan terbuka dimulai. Australia Terbuka dilangsungkan di Melbourne Park sejak tahun 1988. Sebelumnya, kejuaraan ini diadakan di Kooyong, yang terletak di sebelah tenggara Melbourne. Kooyong sendiri kini menjadi tempat diadakannya kejuaraan invitasi (Kooyong Classic) yang berlangsung tepat sebelum Australia Terbuka.

Wimbledon (turnamen tenis)

Wimbledon (bahasa Inggris: The Championships, Wimbledon) adalah sebuah turnamen tenis terkemuka yang diselenggarakan selama sekitar dua minggu pada bulan Juni atau Juli setiap tahunnya. Turnamen ini diadakan di atas lapangan rumput dan merupakan salah satu dari empat turnamen Grand Slam.

Diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 1877 oleh All England Lawn Tennis and Croquet Club di Wimbledon, London, saat itu hanya ada pertandingan dalam nomor tunggal putra. Kemudian pada tahun 1884, nomor tunggal putri dan ganda putra mulai dipertandingkan. Seperti turnamen Grand Slam lainnya, Wimbledon hanya diikuti pemain-pemain amatir hingga era "terbuka" dimulai pada tahun 1968. Hal yang menarik adalah tidak ada juara dari Britania Raya dalam nomor tunggal putra sejak Fred Perry menjadi juara pada tahun 1936, dan tidak ada juara dari Britania Raya dalam nomor tunggal putri sejak Virginia Wade menjadi juara pada tahun 1977.

Lapangan utamanya, Centre Court dibuka pada tahun 1922 dan mempunyai kapasitas sebesar 14.000 penonton. Lapangan utama lainnya saat ini, Court No. 1, dibangun pada tahun 1997 untuk menggantikan Court No. 1 yang lama. Kapasitasnya adalah 11.000 kursi. Kedua lapangan utama ini hanya digunakan selama dua minggu diadakannya turnamen setiap tahunnya. Lapangan terbesar ketiga, Court No. 2, dianggap sebagai "lapangan angker" karena telah banyak pemain top yang kalah dalam babak-babak awal di lapangan ini. Kapasitasnya adalah 3.000 kursi.

AS Terbuka (tenis)

Stadion Arthur Ashe.

AS Terbuka (bahasa Inggris: U.S. Open) adalah salah satu turnamen Grand Slam dalam dunia tenis. Turnamen ini diadakan pada bulan Agustus atau September setiap tahunnya.

Sejarah

AS Terbuka berawal dari dua turnamen terpisah: turnamen putra dan turnamen putri. Diawali pada tahun 1881, turnamen ini saat itu bernama U.S. National Singles Championship dan hanya mempertandingkan nomor tunggal putra. Turnamen putri dimulai enam tahun kemudian. Pada tahun 1968, ketika era "terbuka" dimulai, lima even yang terpisah (tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran) dijadikan satu dan diberi nama "AS Terbuka". Turnamen tahun tersebut juga merupakan yang pertama yang memperbolehkan peserta profesional. Sejak tahun 1978, turnamen ini dilangsungkan di Flushing Meadows di New York.

Lapangan utamanya terletak di Stadion Arthur Ashe yang berkapasitas 23.000 penonton. Lapangan keduanya adalah Stadion Louis Armstrong. Keduanya adalah lapangan keras (hardcourt), sehingga permainan pun berlangsung dalam kecepatan tinggi.

Perancis Terbuka

Perancis Terbuka (bahasa Perancis: Tournoi de Roland-Garros; "Turnamen Roland Garros") adalah sebuah turnamen tenis yang berlangsung selama dua minggu dari pertengahan Mei hingga awal Juni di Paris, Perancis setiap tahunnya.

Logo Turnamen Perancis Terbuka

Pada tahun 1891 turnamen ini menjadi turnamen nasional. Pada tahun 1925 Perancis Terbuka membuka diri kepada peserta internasional dan diadakan di lapangan rumput di Racing Club de France dan Stade Français. Untuk Piala Davis challenge tahun 1928, sebuah stadium tenis baru dibangun di Porte d'Auteuil. Dinamakan berdasarkan pahlawan Perang Dunia I, Stadion Roland Garros, dan Court Philippe Chatrier yang baru dibangun dengan permukaan tanah liat.

Tanah liat melambatkan bola dan menyebabkan bola memantul sangat tinggi jika dibandingkan dengan permukaan rumput atau permukaan keras. Spesialis tanah liat mulai bermunculan dan sukses di turnamen ini sedangkan banyak petenis dengan ranking tinggi kesulitan. Pete Sampras, yang memenangkan empat belas gelar pemenang tunggal putra turnamen Grand Slam, tidak pernah memenangkan Perancis Terbuka. Sampai 2006, enam pemenang tunggal putra Perancis Terbuka terakhir dimenangkan oleh orang yang tidak pernah memenangkan turnamen Grand Slam lainnya. Pada tunggal putri, Perancis terbuka adalah gelar yang menyebabkan petenis seperti Lindsay Davenport dan Martina Hingis tidak mendapatkan Grand Slam.

Pada tahun 1968, turnamen ini menjadi turnamen Grand Slam pertama yang menjadi "terbuka," sehingga baik pemain amatir maupun profesional dapat turut serta.

Pada Maret 2007, diumumkan bahwa Perancis Terbuka akan memberikan hadiah uang yang sama baik bagi putra maupun putri di semua putaran.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda